Laman

Sabtu, 28 April 2012

Beberapa Tempat Bersejarah Di Negara Korea

Museum Sejarah Seoul
    Museum Sejarah Seoul atau Seoul Museum of History (서울역사박물관) adalah museum yang dibuka pada tahun 2002 di kota Seoul, Korea Selatan. Museum ini khusus menampilkan koleksi sejarah dan budaya tradisional masyarakat kota Seoul, yang terdiri dari ruangan eksebisi khusus, eksebisi berdiri, koleksi yang disumbangkan, eksebisi bertema, hall fame untuk donasi khusus, eksebisi online dan ruangan warisan budaya. Berbagai kegiatan diadakan setiap minggunya di museum ini, antara lain "Wednesday Movie," dan "Gallery Talk" pada hari Selasa (dua bulan sekali) untuk menyampaikan informasi eksebisi. Setiap hari Jumat diadakan acara "Music Night at the Museum".

Museum Nasional Korea Selatan
  
   
Museum Nasional Korea atau National Museum of Korea (국립중앙박물관) adalah sebuah museum yang terletak di Seoul, Korea Selatan. Museum ini merupakan museum yang terbesar di Korea Selatan dan menampilkan koleksi benda-benda bersejarah Korea yang penting.
Lantai pertama museum meliputi 10 buah aula yang menampilkan benda-benda prasejarah, seperti artefak zaman Paleolitikum, Tiga Kerajaan Korea (Silla, Goguryeo, Baekje) dan Balhae. Di lantai ke-2, menampilkan karya seni Korea seperti kaligrafi dan berbagai jenis lukisan klasik. Lantai ke-3 menampilkan berbagai teks Buddhis, keramik, karya seni dari metal serta artfefak dari Cina, Jepang, India, Indonesia dan Asia Tengah.
Pada eksebisi di luar ruangan, ditampilkan 2 buah pagoda, yakni Pagoda Yeomgeo hwasang (Harta Nasional Korea Selatan Nomor 104) dan Pagoda Jingnyeongdaesa bowol neunggong dari Kuil Bongnim (harta nasional no. 362).

Museum Rakyat Nasional Korea
 
   Museum Rakyat Nasional Korea atau National Folk Museum of Korea (국립민속박물관) adalah sebuah museum yang terletak di halaman Istana Gyeongbok, Seoul, Korea Selatan. Museum ini memiliki banyak koleksi benda-benda bersejarah yang ada di Korea Selatan sebanyak 2.240 artefak dan alat-alat yang digunakan oleh masyarakat Korea pada masa lalu sampai sekarang. Bangunan museum ini dirancang sesuai arsitektur bangunan-bangunan kuil Buddha terkenal di Korea. Misalnya, bagian depan museum dirancang menyerupai dua buah jembatan batu di Kuil Bulguk, dan bagian utama bangunan adalah pagoda kayu lima tingkat yang menyerupai Aula Palsang di Kuil Beopju. Sayap bangunan di sebelah timur mengikuti desain Aula Mireuk di Kuil Geumsan dan sayap barat menyerupai Aula Gakhwang di Kuil Hwaeom.

Museum Kimchi Di Korea
 
   Yang satu ini adalah tempat yang paling bersejarah, menarik, dan bagus banget. Patut dikunjungi, ya! Museum Kimchi, Museum Kimchi Lapangan atau Kimchi Field Museum (풀무원 김치박물관; Pulmuwon Gimchi Bangmulgwan) adalah sebuah museum yang terletak di Seoul, Korea Selatan. Museum ini khusus dibangun sebagai pusat pengetahuan mengenai kimchi, salah satu jenis makanan Korea yang terpenting. Karena kepopuleran kimchi sebagai makanan yang sehat, museum ini menarik sebanyak 100.000 pengunjung per tahunnya. Yang ditampilkan di sini adalah koleksi tentang sejarah dan variasi-variasi kimchi dan nilai gizi yang dikandungnya. Selain itu, pihak museum juga mengumpulkan berbagai data dan statistik, mengadakan penelitian mengenai kimchi khas Korea Selatan maupun Utara. Pasti tempat ini sangat bersejarah dan penting sekali untuk warga Korea. Semoga saja, tempat tersebut tetap bertahan dan selalu ada! Rasanya, saya ingin ke sana, deh! Pasti menarik.


Sumber dan Gambar : Dari Berbagai Sumber, Buku Tempat Bersejarah Di Korea.
Sekian, dan terima kasih untuk anda, dan negara Korea! ^+^

1 komentar:

  1. Museum nasional Korea selatan, yang patut dikunjungi kalo ke Korea, gw pengen baget bisa kesana. Iya nih gan lo suka pariwisata Korea, silahkan lihat info wisatanya di Fanpagenya nih: Korea Tourism Organization Indonesia

    BalasHapus

Watermelon